twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Minggu, 20 Oktober 2013

9 penyebab dari pada migrain (sakit kepala sebelah)

Migrain sering dirasakan oleh banyak orang, gejala akan hal ini sangatlah menyusahkan dan bahkan dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Beberapa penelitian akhirnya dapat menguak akan sebab akan migrain tersebut, diantaranya:
1. Pola makanan
Terdapat beberapa makanan pemicu dari pada migrain di antaranya keju, kopi, cokelat dan makanan-makanan lainnya yang mengandung kafein yang dapat menyebabkan migrain. Selain makanan yang mengandung kafein juga perlu kiranya menghindari makanan-makanan yang terlalu banyak mengandung monosodium glutamat (MSG), pemanis buatan, makanan diet dll, karena hal tersebut dapat menjadi pemicu terjadinya migran.
2. Stress
Dalam hal ini jika seseorang sering mengalami stress maka tidak menutup kemungkinan seseorang tersebut dapat dengan mudah mengalami migran, entah stress yang diakibatkan oleh jam kerja yang terlalu panjang sehingga menyita istirahat anda, pekerjaan yang tak lepas dari komputer ataupun hal-hal yang dapat menyebabkan seseorang menjadi stress.
Dalam hal ini sebaiknya anda melakukan relaksasi sejenak yang dapat membuat pikiran, serta badan terasa segar tanpa terbebani oleh suatu apapun.

3. Hormon
Pada hal ini lebih menspesifikkan migren pada wanita yang sering dikaitkan dengan terjadinya fluktuasi hormon. Wanita jauh lebih sering terkena migren daripada pria karena fluktuasi hormon ini.
Sebagian besar wanita yang mengalami serangan rutin migren, mengatakan bahwa mereka mengalami migren tepat sebelum atau sesudah periode bulanan mereka.
Dari Hasil penelitian menemukan bahwa tingkat penurunan hormon estrogen pada wanita dapat menyebabkan migren.
Wanita yang akan mengalami menopause dan memiliki kadar estrogen yang rendah mungkin akan mengalami sakit kepala yang cukup parah.
4. Genetik
Dalam hal ini ternyata faktor genetik juga memegang peran atas migran yang sering kali kita alami, hal ini dikatakan bahwasanya seseorang yang mengalami migran mereka memiliki riwayat keluarga yang juga mengalami migran tersebut. Sebenarnya baik remaja maupun dewasa muda sangat rentan terhadap migren, hal ini mungkin juga karena adanya fluktuasi hormon.
5. Sensorik
Adapun Penyebab lain yang bisa memicu migren yaitu berasal dari indera, baik penglihatan maupun indera penciuman.
Pemicu ini bisa dalam bentuk lampu yang sangat terang atau berkedip-kedip, sinar matahari atau sinar lampu yang kuat, bau menyengat dari parfum, asap.
Semua hal tersebut merupakan hal umum yang menjadi pemicu migren.
6. Tidur
waktu tidur ternayata juga memiliki pengaruh terhadap pemicu migran, sebagian mengatakan pola tidur yang tak teratur dapat menjadi pemicu terjadinya migran , misalnya jam tidur yang lebih lama, ataupun kurang tidur.
7. Obat
Pada wanita biasanya terjadi saat mereka menggunakan kontrasepsi oral, namun tak jarang pula obat-obatan yang menjadi pemicu migran berasal dari konsumsi obat-obatan yang berlangsung lama.
8. Kekurangan Magnesium
Jika magnesium kurang atau berkurang, maka akan menyebabkan saraf di otak menjadi macet, sehingga dapat mengakibatkan perubahan visual dan menyebabkan munculnya migren.
Suplemen magnesium telah terbukti sebagai obat alami yang efektif untuk migren, baik dalam makanan atau dengan meminum suplemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda sangat berharga bagi saya..yang segan silahkan berkomentar !